Nuanza Bawean

Visit Indonesia Islands

Ganti Blog Kamu dengan Co.Cc Gratis

Download mp3 - Music

Jika tidak ada silahkan cari disini

Bawean Sekarang, Berbeda dengan Bawean Tempo Dulu

Diantara perbedaannya, zaman dulu setiap rumah bisa dipastikan pasti didepannya ada tempat leyeh-leyeh atau istirahat yang biasa disebut 'DURUNG yang bagian atasnya bisa di buat tempat menyimpan Padi yang baru selesai dipanen "Lumbung"

Duduk santai e 'DURUNG



KH. Bajuri Yusuf saat dihubungi Media Bawean (7/11) dikediamannya Pondok Pesantren Hasan Jufri Lebak Sangkapura, mengungkapkan tentang keadaan Bawean sekarang dengan dahulu yang sangat jauh berbeda. "Pulau Bawean dahulu sedikit orang pintar tapi banyak orang mengerti, tetapi sekarang banyak orang pintar dan sedikit yang mengerti. Banyak orang pintar bila diberi masukan atau dikritik tidak bisa menerimanya. Tetapi kalau orang mengerti, dikritik adalah masukan untuk memperbaiki segala kesalahannya. Mengerti dalam konteks dengan dirinya sendiri, orang lain dan Tuhannya. " kata KH. Bajuri Yusuf.

"Termasuk keikhlasan, dulu saya ngajar gajinya sebulan 6 ontel padi dan ngajar di Umma tidak cukup untuk beli bensin. Sekarang bila gajinya kecil, guru-gurunya akan malas untuk mengajar, Termasuk untuk mencari muadzin dan modin dari kalangan generasi muda sangatlah sulit, bila dibandingkan dengan dulu, " ujar KH. Bajuri Yusuf.

"Dulu kenyamanan hidup dan ketentraman hidup banyak, sekarang sangat kurang. Contohnya, bila ada pengajian dan isra' ma'raj dulu sampai jam 2 malam bahkan sampai subuh. Sekarang 1,5 jam sudah lama," jelas KH. Bajuri Yusuf.

"Soal ketaatan pada guru, sekarang hanya taat saat ada dihadapannya, sedangkan bila dibelakang sudah hilang. Kalau dulu taat lahir dan bathin. Penyebabnya kitab Ta'lim Muta'alim sudah ditinggalkan. Sehingga akhlak yang orang muda kepada orang tua sangatlah berkurang. Termasuk orang punya ilmupun sekarang kurang dihargai, kalau dulu sangatlah dihargai dan dihormati" kata KH. Bajuri Yusuf.(bst)

source: blog-indonesia.com/bawean.net

0 comments:

Post a Comment

Cinema 21 - empire XXI